Laman

Kamis, 03 Agustus 2017

CARA MEMBANGUN BISNIS ONLINE DI INTERNET

CARA MEMBANGUN BISNIS ONLINE DI INTERNET

cara membangun bisnis online di internet
Memulai bisnis online itu memerlukan perencanaan, karena persaingan di dunia bisnis online saat ini sudah sangat keras. Jika anda membangun bisnis online dengan serampangan, maka anda akan sulit melihat hasil dari bisnis tersebut.

Perlu dicatat bahwa bisnis online itu mempunyai tingkatan dan kelas-kelasnya tersendiri, dan sangat tergantung pada produk apa yang ditawarkan. Tetapi pada akhirnya semua orang mau bisnis onlinenya mencapai puncak atau menjadi penguasa pasar. Untuk membantu anda mewujudkan itu anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Bisnis online itu mempunyai banyak aspek, jadi mungkin untuk pemula panduan ini akan dirasa agak memusingkan. Sangat disarankan untuk membaca panduan cara membangun bisnis online ini dengan sangat seksama, untuk menilai apakah anda bisa menerapkannya pada bisnis yang sedang dibangun.
Saat ini artikel ini masih dalam tahap pengembangan, menjadi artikel yang kompleks dan menyeluruh membahasa masalah bisnis online ini. Tapi artikel ini sudah cukup untuk memberikan anda gambaran proses apa yang harus anda lalui di dalam membangun bisnis online.

TAHAP PERTAMA BISNIS ONLINE: MENGENALI KONSUMEN

Anda pasti tahu bahwa prospek, atau konsumen yang akan menjadi nyawa dari bisnis anda. Jika ini tidak ada, maka anda tidak bisa membuat bisnis apapun. Jadi sekarang coba usahakan untuk mengenali pasar anda. Cari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen-konsumen dari produk yang akan anda pasarkan. 

Untuk anda yang menjual satu produk saja, ini akan cukup mudah. Tapi untuk yang menjual cukup banyak produk, ini bisa jadi sedikit sulit. Apalagi untuk yang menjual ratusan line item, seperti toko kelontong online ini nyaris sangat sulit untuk melakukan intensifikasi produk, karena ragam yang sangat luas.

Bagi anda yang menjual produk yang sangat beragam, ada baiknya anda fokus pada desain websitenya, agar semua produk anda bisa ditampilkan dengan elegan dan eksklusif, karena konsumen itu sangat dominan memutuskan sesuatu berdasarkan visual produk.

Jadi di tahap ini anda harus memposisikan diri sebagai konsumen dan gali sedalam-dalamnya untuk menemukan apa saja yang anda harapkan dari website yang menjual produk yang akan anda pasarkan nantinya. Jika anda merasa blank, anda bisa bertanya ke orang-orang disekitar anda.

TAHAP KEDUA BISNIS ONLINE: KERANGKA KERJA

Maksudnya ini adalah membuat perencanaan untuk pemasaran. Banyak orang mengira memulai bisnis online itu cuma dengan membuat website lalu lakukan SEO. Online Marketing atau Bisnis Online itu jauh lebih kompleks dari itu karena sumber trafik itu bukan cuma SEO, dan bisnis online itu juga berbicara masalah branding dan pencitraan alias membangun image.
Untuk melakukan itu anda harus membuat kerangka kerja terlebih dahulu. Proses dari kerangka kerja ini bisa mengikuti poin-poin di bawah ini:
  • Tetapkan biaya kampanye
  • Tentukan target pendapatan dari kampanye tersebut
  • Rencanakan metode tracking untuk melacak semua aktifitas bisnis online yang terjadi di website anda
  • Berapa target penjualan dari inisitif pemasaran
  • Berapa keuntungan maksimum per penjualan
  • Rencanakan analisa dengan menggunakan sampel angka penjualan yang cukup besar, karena sampel yang sedikit cenderung berujung analisa yang keliru
  • Buat sebuah grup parameter untuk menentukan keberhasilan kampanye anda
Mungkin beberapa dari anda berpikir kenapa ada biaya kampanye? Tentu saja artikel ini ditujukan untuk mengadakan aksi pemasaran yang se-profesional mungkin. Jika anda bermaksud membangun bisnis online secara bertahap pun bisa saja, dan anda bisa memilih mana proses yang ada dalam batas kemampuan anda dan mana yang benar-benar sudah terlalu berat untuk anda usahakan.

Tentunya anda melakukan ini dengan kesadaran bahwa proses pemasaran anda tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal untuk anda, dan anda harus bersabar mengumpulkan modal sebelum bisnis online anda bisa masuk ke tahapan-tahapan yang lebih kompleks ini.

TAHAP KETIGA BISNIS ONLINE: KONSEP CERITA BISNIS ANDA

Salah satu strategi di dalam pemasaran adalah bercerita kepada calon konsumen anda. Bercerita ini bisa membangun ikatan dengan konsumen anda dan menumbuhkan rasa percaya. Tentunya tidak semua bisnis online harus membangun cerita untuk konsumen, karena hanya bisnis tertentu saja yang memerlukan ini.

Jika anda adalah pebisnis toko online yang menjual aneka produk, maka anda tidak perlu membangun cerita atau kisah apapun, karena pengunjung anda hanya ingin mengetahui detail dari produk anda. Tapi bagi anda yang membuat produk tertentu untuk suatu market yang spesifik, seperti tools SEO, atau E-Book Panduan, atau produk dan jasa yang spesifik pada bidang tertentu, maka anda perlu memberi alasan, kenapa pengunjung harus mempercayai anda atau membeli produk anda.

Anda bisa melihat banyak pemasar produk digital di facebook, yang memperkenal diri mereka dan reputasi apa yang sudah mereka peroleh di dunia internet, dan semua itu bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung website mereka, bahwa mereka adalah pilihan yang tepat.

TAHAP KEEMPAT BISNIS ONLINE: MENGETAHUI CARA MENDAPATKAN TRAFIK

cara untuk mendapatkan trafik ke website kita
Sehebat apapun konten dan cerita yang akan anda buat nantinya, tidak akan ada gunanya jika kita tidak tahu bagaimana cara mendapatkan trafik untuk website kita. Kebanyakan orang berpikiran bahwa cara untuk mendapatkan trafik itu adalah dengan dengan SEO saja, makanya orang-orang hanya belajar SEO saja. Padahal ada banyak sekali metode menjaring trafik di internet yang perlu anda ketahui.

Bagi anda yang membuat website untuk bisnis online, maka trafik yang anda inginkan bukanlah trafik sembarang trafik, trafik yang anda inginkan adalah trafik yang mempunyai potensi besar menjadi pembeli. Jadi di dalam metode menjaring trafik, ada yang namanya targeting. Dan ini adalah seni terbesar di dalam bisnis online.

Untuk memahami cara mendapatkan trafik ke website bisnis online, ada beberapa istilah yang akan anda pelajari kedepannya, yaitu SEO, content marketing, email list, social media, dan lain-lain termasuk iklan berbayar. Atau bahkan mengembangkan konsep afiliasi agar lebih banyak tangan dan otak yang mengerjakan promosi anda dengan imbalan berbagi keuntungan dengan mereka.

TAHAP KELIMA BISNIS ONLINE: MENGETAHUI CARA KONVERSI TRAFIK

cara konversi trafik website menjadi penjualan
Adalah percuma jika anda bisa mendapatkan trafik menuju website bisnis online anda tetapi anda benar-benar "buta" cara mengubah trafik anda menjadi konsumen pengguna atau buyer. Seharusnya jika anda melakukan targeting dengan benar di tahap ke empat, maka proses konversi trafik ini bisa berjalan dengan mudah.

Konversi adalah proses terakhir di dalam bisnis online yang mengubah semua usaha anda di atas menjadi penghasilan untuk anda. Dan kebanyakan proses dari konversi ini terjadi karena struktur website anda dan juga palayanan yang anda berikan kepada pengunjung. Jadi di sini anda harus mempelajari konsep utama yaitu bersikap profesional.

Menjadi profesional tidaklah mudah, karena dalam beberapa kasus anda akan bertemu konsumen sampah yang memang tidak berniat membeli dan hanya menguji anda atau bercanda atau memang pesaing yang melakukan permainan kasar.

Untuk mendalami masalah konversi, maka anda harus mengetahui apa yang disebut LANDING PAGE.

Landing page pada umumnya adalah halaman web yang anda persiapkan khusus untuk mempromosikan komoditas anda. Anda harus paham bagaimana cara membuat website atau blog yang bisa menjaring trafik, membangun kepercayaan, dan memenangkan penjualan. Ada banyak faktor di dalam membuat landing page yang harus anda ketahui.

Setelah anda tahu cara membuat website atau cara membuat blog, maka langkah selanjutnya anda harus mengetahui cara menyusun desain yang bisa merangsang otak pengunjung anda untuk membeli produk anda. Pemilihan kata, fakta, gambar, warna, dan video akan sangat berpengaruh di dalam tahapan konversi trafik di bisnis online ini.


MASALAH DENGAN IDEALISME

Beberapa orang mempunyai masalah dengan idealisme saat berusaha menjadi marketing karena melihat pemasaran seperti proses menipu orang lain. Ada perbedaan yang sangat mendasar antara menipu dan marketing. Jika anda sampai merubah nilai atau fakta dari produk anda dan hasil yang diperoleh, maka memang itu adalah menipu.

Bisnis online yang bertahan lama adalah mereka yang membangun kredibilitas dengan memberikan fakta yang sebenarnya, bahkan jika itu membuat bisnis online anda terlihat tidak seheboh bisnis online orang lain. Yang terpenting adalah membuat sadar konsumen anda bahwa anda memberikan fakta sebenarnya, dan konsumen anda akan mengambil sikap menghormati anda karena tidak menipu mereka.

Walaupun marketing tidak menipu, tetapi marketing wajib melakukan polesan di dalam penyajian produk dan jasa. Polesan ini sekali lagi tidak ditujukan untuk mengubah fakta dan data sebenarnya tetapi untuk membantu calon konsumen melihat produk dan jasa anda dari perspektif anda melihat bisnis online yang sedang anda jalankan. Jika anda bisa melakukan ini, maka konversi bisnis online anda akan maksimal.

Silahkan Berkomentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hati-hati mitos defrag memory Android

Hati-Hati mitos Defrag memory Android Apakah bisa defrag memory storage smartphone atau tidak berguna Kadang kita kesal mengunakan peran...